EMPAT PULUH HADIS HUKUM FIKIH

123 Pembaca

Pemateri Syaikh Muhammad Jalal

Msjid Bin Baz Pusat, Ahad 22 September 2024

Fawaid Ta’lim


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه. أما بعد

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙوَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙوَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ ۙيَفْقَهُوْا قَوْلِيْ ۖ. آمين

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan ringkasan fawaid ta’lim yang diadakan di Masjid Islamic Centre Bin Baz, yang diisi oleh Syaikh Muhammad Jalal tentang tentang syarat diterimanya shalat dan sedekah. Dengan membaca artikel ini diharapkan kita dapat melaksanakan shalat dan bersedekah yang diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

لا يقبل الله صلاة بغير طهور ولا صدقة من غلول. رواه مسلم

Shalat tidak sah jika dikerjakan dalam keadaan tidak dalam keadaan suci.

Shalat tidak akan diberi pahala jika dikerjakan dalam keadaan tidak suci.

Shalat apa saja jika dikerjakan dalam keadaan tidak suci tidak sah dan tidak mendapat pahala.

Isim nakirah dalam konteks kalimah nafi, syarat dan istifham bermakna umum.

Shalat apa saja, baik shalat fardhu, shalat sunah, shalat qodho, shalat munfarid, shalat berjama’ah ataupun shalat-shalat lainnya tidak sah dan tidak akan mendapat pahala jika dikerjakan dalam keadaan tidak suci.

Thaharah secara bahasa adalah an-nadzafah.

ارتفاعك

Hadis tersebut diatas menunjukkan bahwa thaharah adalah syarat sahnya shalat.

Maqoshid Thaharah:

Wudhu, mandi, tayamum dan menghilangkan najis.

Sarana untuk bersuci: air, debu, batu dan…

Sedekah tidak akan diterima jika berasal dari harta haram.

Sedekah wajib seperti zakat dan nadzar.

Sedekah sunah seperti infak hari jum’at di kotak infak dll.

Ghulul ada dua makna yaitu umum dan khusus.

Makna umum adalah khianat.

Makna khusus adalah mengambil harta rampasan perang sebelum dibagi.

Allah itu thayyib dan tidak menerima kecuali dari apa yang thayyib.

Harta haram yang kita ketahui secara pasti keharamannya tidak boleh diambil atau dimakan.

Bermuamalah dengan para pemakan harta haram hukumnya ada dua, jika akadnya sah maka sah muamalah dengan orang tersebut tapi jika akadnya tidak sah maka haram bermuamalah dengan mereka.

Abu Layla Turahmin, M.H.

Tinggalkan komentar